Karyawan Indonesia Tidak Termotivasi Dengan Pekerjaannya

Worlwide (sebuah lembaga riset internasional) yang melakukan survei tentang motivasi kerja karyawan terhadap 73 ribu responden dari 141 negara di dunia, termasuk Indonesia, menunjukkan hanya 8% karyawan di Indonesia yang benar-benar memiliki level engagement yang tinggi, komitmen dan motivasi kuat dengan pekerjaannya. Di dunia, hasilnya juga relatif sama, hanya sekitar 13% yang punya high engagement level dengan pekerjaannya. Sisanya, atau 92 % hanya melakukan pekerjaannya dengan siklus rutinitas. Berangkat, di tempat kerja kurang produktif, hanya gugur kewajiban, kurang totalitas, kurang inovasi, lalu pulang ke rumah. Hal ini berulang selama 5-6 hari seminggu hingga akhir bulan terima gaji. Jika dibiarkan, tentu ini akan berdampak pada produktivitas dan pencapaian target perusahaan.  Apa sebabnya?

Ada 3 faktor ini yang menjadi sebabnya :

  1. Faktor gaji.

Banyak karyawan merasa bahwa gaji mereka tidak sebanding dengan beban pekerjaan mereka yang terlalu berat. Pada akhirnya, ini menurunkan motivasi. Kerja asal cepat selesai.

  1. Faktor pekerjaan

Rutinitas pekerjaan yang serba diulang – ulang setiap hari, akan membuat karyawan merasa jenuh, seperti tidak ada tantangan baru. Padahal salah satu motivasi besar dalam manusia dalam bekerja adalah menaklukkan tantangan. Belenggu rutinitas memang dianggap sebagai faktor pembunuh terbesar bagi produktivitas karyawan. Hal ini juga diperkuat dengan hasil MRI otak karyawan yang pekerjaannya repetitif, urat syarafnya benar – benar terlihat seperti mati

  1. Faktor jenjang karir

Jenjang karir adalah faktor harapan yang menjadikan karyawan terus mau mengembangkan diri karena tiap naik level kriteria akan lebih sulit. Jika jenjang karir tidak jelas, harapan karyawan juga akan ikut pudar  dan mereka akan memaklumi stagnansi pekerjaannya. Hal ini bahaya karena karyawan akan secara tidak langsung punya legitimasi bahwa mereka tidak perlu lagi berkembang.

Anda seorang manajer perusahaan? Atau seorang HRD? Mengalami kesulitan dalam memotivasi karyawan agar produktivitas kerja meningkat? Konsultasikan dengan kami, Cartenz HRD

Call :

Telp : 0315036409

Mobile : 087705504655/082257236233

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *