Leadership Management Training (LMT) Supervisory Education (SE) 1 PT PLN (Persero) UPDL Pandaan Angkatan 8 (8-9 Juli 2019)

LMT SE 1 Angkatan 8 kali ini diikuti oleh 23 peserta. Diadakan di Desa Duyung, Trawas, Mojokerto. Kegiatan LMT SE 1 adalah kegiatan peningkatan kualitas SDM yang dilakukan secara rutin oleh PLN UPDL Pandaan agar SDM nya menjadi lebih berkualitas dan siap melayani masyarakat.

Beberapa sesi penting dalam acara 2 hari 1 malam ini adalah rangkaian kegiatan terjun ke masyarakat mulai dari survey lokasi bhakti masyarakat, melakukan anjangsana dan sosialisasi,merancang program bhakti masyarakat hingga menjalankan program bhakti masyarakat. Tujuan kegiatan bhakti masyarakat ini adalah semakin membuat peserta memahami posisinya sebagai pelayan masyarakat. Mereka bekerja tidak hanya untuk perusahaan tapi juga bagaimana bisa mengoptimalkan potensi mereka untuk melayani masyarakat dengan optimal.

Dalam kegiatan bhakti masyarakat, peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok ini kemudian memiliki ide – ide solusi dari hasil survey. Ada yang merenovasi poskamling, ada yang menghias fasum agar lebih berdaya guna, dan ada juga yang melakukan instalasi listrik di salah satu sekolah dasar. Peserta memiliki pengalaman berinteraksi dan menyelesaikan masalah langsung di masyarakat. Peserta juga mempraktekkan langsung bagaimana komunikasi tim yang efektif dan kerjasama, leadership dan manajemen yang baik agar kelompok bisa sukses melakukan kegiatan bhakti masyarakatnya.

Setelah bhakti masyarakat selesai,kelompok peserta juga diharuskan untuk membuat laporan kegiatan dan mempresentasikan. Dengan begini, semua peserta menjadi paham apa saja dinamika yang dihadapi peserta lain di luar kelompoknya. Setelah presentasi tentunya ada kesimpulan program agar makin membekas pada benak peserta.

 

Selain kegiatan bhakti masyarakat, juga ada penyegaran materi yang disampaikan oleh Doddy Faisal Humaini, master trainer Cartenz HRD dengan tema “Motivasi Bekerja : Bertumbuh dan Melayani”. Materi ini mengajarkan kepada peserta agar motivasi bekerja tidak hanya sekadar gugur kewajiban. Happy working adalah ketika dalam diri tiap karyawan memiliki motivasi bertumbuh dan melayani. Menjadikan profesi sebagai bentuk panggilan dari Tuhan untuk bermanfaat pada sesama.Sesi materi berlangsung dengan interaktif dan reflektif. Metode yang simple, fun, applicable dan usefull menjadikan materi mudah dicerap dan dipahami oleh peserta.

Selama kegiatan berlangsung nampak keceriaan dan kebersamaan dari peserta. Walau mereka berasal dari daerah yang berbeda, wilayah kantor yang berbeda, jabatan yang berbeda juga usia yang berbeda, tidak menghalangi mereka untuk bisa berinteraksi satu sama lain dengan lebih cair dan penuh kehangatan. Contohnya seperti saat olahraga pagi, coffee break, dinamika kelompok dan outdoor game yang dipandu oleh tim fasilitator Cartenz HRD.

Semoga apa yang sudah dipelajari dan didapatkan selama mengikut LMT SE 1 tidak hanya membekas dan berhenti menjadi cerita dan pengalaman saja, tapi manfaatnya bisa terus tersalurkan menjadi dedikasi dan pelayanan prima bagi perusahaan dan masyarakat. Sampai berjumpa kembali pada pelatihan – pelatihan berikutnya.

Cartenz HRD

Call : 0315036409

Phone : 087705504655

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *