Leadership Management Training (LMT) Supervisory Education (SE) 1 PT PLN (Persero) UPDL Pandaan Angkatan 10-11

LMT SE 1 PT PLN (Persero) UPDL Pandaan kali ini bertempat di Dusun Kemloko, Trawas, Mojokerto. Acara yang diadakan pada tanggal 22-23 Juli 2019 ini diikuti oleh total 50 peserta. Terdiri dari 23 peserta angkatan 10 dan 27 peserta angkatan 11. Rangkaian acara selama 2 hari 1 malam ini kurang lebih sama dengan pelaksanaan LMT SE 1 Angkatan sebelumnya.

Pada sesi awal, peserta mendapatkan penyegaran materi yang disampaikan oleh Master Trainer Doddy Faisal Humaini. Topik yang disampaikan adalah Motivasi Bekerja, Pelayanan Sepenuh Hati. Materi ini menekankan bahwa spirit kerja bukan ke arah seberapa besar materiil yang didapatkan, melainkan harusnya diarahkan pada keberkahan,bertumbuhnya kualitas diri sehingga pelayanan kepada masyarakat juga akan makin berkualitas.

Ada yang menarik dari LMT kali ini dibanding LMT sebelumnya. Karena peserta yang ikut ada 2 angkatan,suasana jadi lebih meriah ketika moment – moment acara bersama seperti saat olahraga pagi namun tetap tidak mengurangi kefokusan peserta ketika sesi penyampaian materi. Dan karena dilakukan di lokasi yang sama yakni di Desa Claket, titik yang menjadi program bakti masyarakat juga semakin banyak. Artinya, kebermanfaatan yang dirasakan pun juga makin luas.

Dalam program bakti masyarakat, peserta melaksanakannya dengan penuh semangat dan terorganisasi baik karena sebelum terjun ke lapangan, mereka berdiskusi kelompok untuk mematangkan rencana bakti masyarakat. Angkatan 10 yang terdiri dari 3 kelompok melakukan renovasi kamar mandi dan renovasi mushola Nurul Huda, juga pengecatan PAUD Desa Claket. Sedangkan angkatan 11 yang juga terdiri dari 3 kelompok melakukan renovasi pos kelompok wanita tani,renovasi posyandu Desa Claket dan renovasi serta pengecatan MI Tri Bhakti. Tiap kelompok mengimplementasikan rencana bakti masyarakatnya juga didampingi oleh tim fasilitator Cartenz HRD. Semua peserta terlihat berusaha sebaik mungkin untuk melakukan apa yang sudah menjadi tugasnya. Ini memang menjadi tujuan dari adanya program bakti masyarakat yaitu ingin agar dapat  memberikan manfaat dan perubahan bisa dirasakan secara nyata oleh warga sekitar.

Di sesi akhir sebelum penutupan, mereka melakukan presentasi hasil program bakti masyarakat. Selama acara, peserta mengikuti dengan tertib sesuai jadwal dan aturan, ini menunjukkan perilaku kerja yang disiplin dan totalitas sudah sangat terbentuk dalam diri mereka. Walau mereka berasal dari daerah, usia dan kepribadian yang berbeda, tidak melunturkan semangat kebersamaan dan efektifitas kerjasama mereka selama mengikuti kegiatan LMT SE 1. Semoga apa yang sudah didapatkan bisa bermanfaat dan terus menjadi kontribusi yang optimal bagi perusahaan dan masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *