Leadership Management Training (LMT) Supervisory Education (SE) 1 PT PLN (Persero) UPDL Pandaan Angkatan 12


Akhir bulan Juli 2019, tanggal 29-30 Juli, adalah hari pelatihan LMT SE 1 PT PLN (Persero) UPDL Pandaan Angkatan 12. Kali ini bertempat di Dusun Sendang, Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto. Ada 27 peserta dari berbagai daerah yang mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Secara garis besar, kegiatan LMT SE 1 ini selalu mengusung spirit agar peserta mampu menerapkan 4 prinsip yaitu Achievement, Building Trust, Continues Learning dan Customer Focus.

Rangkaian acara setiba di lokasi pelatihan adalah pembukaan, kontrak belajar, sarasehan dengan kepala dusun, survey lokasi program bakti masyarakat, anjangsana dan sosialisasi PLN baru kemudian setelah istirahat, sholat maghrib dan makan, dilanjutkan dengan sesi penyegaran materi.

Peserta mendapatkan penyegaran materi yang disampaikan oleh Master Trainer Doddy Faisal Humaini. Topik yang disampaikan adalah Motivasi Bekerja, Pelayanan Sepenuh Hati. Materi ini selalu memberikan motivasi bagi peserta secara reflektif agar peserta mampu menerapkan pemahaman “melayani sepenuh hati lewat profesi”.

Dalam program bakti masyarakat, peserta melaksanakannya dengan penuh semangat dan terorganisasi baik karena sebelum terjun ke lapangan, mereka berdiskusi kelompok untuk mematangkan rencana bakti masyarakat. Titik pusat kegiatan kali ini berada di Madrasah Diniyah Dusun Sendang. Ada 3 kelompok yang melakukan bakti masyarakat yaitu ke Makam Dusun Sendang, TK Dusun Sendang, Sepanjang Jalan Dusun Sendang .Tiap kelompok mengimplementasikan rencana bakti masyarakatnya juga didampingi oleh tim fasilitator Cartenz HRD. Ada kelompok yang melakukan instalasi lampu dan instalasi listrik di Makam Dusun Sendang, kelompok lainnya melakukan instalasi listrik dan pemasangan wastafel di TK Dusun Sendang, sedangkan kelompok terakhir melakukan instalasi lampu di sepanjang jalan Dusun Sendang. Semua peserta terlihat berusaha sebaik mungkin untuk melakukan apa yang sudah menjadi tugasnya.

Di sesi akhir sebelum penutupan, mereka melakukan presentasi hasil program bakti masyarakat. Selama acara, peserta mengikuti dengan tertib sesuai jadwal dan aturan, ini menunjukkan perilaku kerja yang disiplin dan totalitas sudah sangat terbentuk dalam diri mereka. Testimoni dari peserta pun untuk aspek materi dan keseluruhan acara juga menyatakan sangat baik dan baik.