BURNOUT DAN CARA MENGATASINYA

Pernah mengalami kelelahan luar biasa karena pekerjaan? Kelelahan yang berkepanjangan hingga berpengaruh pada psikis kita? Hati-hati, itu adalah gejala kita terkena burnout. Burnout adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kelelahan fisik dan emosional karena ekspektasinya yang ia gambar pada pekerjaannya sangat berbeda dengan realita yang ditemui. Kondisi burnout sangat membahayakan hingga World Health Organization memberi perhatian khusus. WHO menyatakan bahwa kondisi burnout adalah kondisi stress kronis yang harus ditangani dengan taktis dan cepat.

Kondisi burnout ditandai dengan lelahnya fisik, saat bangun pagi hari tetap terasa kurang bergairah walau sudah tidur lama dan nyenyak, kurang termotivasi untuk bekerja, turunnya kemampuan memahami dan pengendalian emosi, mudah naik pitam dengan masalah-masalah kecil, bahkan malas merawat diri sendiri. Tentu ini bisa berdampak pada kehidupan pribadi dan juga situasi kerja di kantor karena rentan memunculkan konflik dan kondisi tidak nyaman. Bisa berakibat juga pada kondisi fisik yaitu lemahnya kondisi imun sehingga mudah sakit.

Sebab dari burnout tidak hanya terjadi karena perbedaan ekspektasi-realita dari pekerjaan seperti gaji dan tekanan target pekerjaan. Tapi juga bisa karena tipe pekerjaan yang terlalu dinamis atau malah terlalu membuat kita terisolasi. Atau bisa juga karena terlampau banyak masalah yang datang secara bersamaan dalam satu waktu sedangkan kondisi kita sedang tidak prima benar dalam mengatasinya. Selain itu, faktor rekan kerja/atasan yang suka membully atau tipe toxic people juga bisa menjadi penyebab terjadi burnout.

Sebagai manager yang baik, harus peka dengan kondisi SDM nya. Manajer pasti bisa melihat di rentang waktu yang mana SDM bekerja dengan beban yang berat. Manajer bisa mengagendakan fun outing setelahnya. Manajer juga bisa memberikan kelonggaran deadline dan mekanisme kerja agar SDM bisa lebih punya waktu untuk berkreasi dan jeda dalam menyelesaikan pekerjaan. Sedangkan para SDM bisa mengembalikan dirinya pada porsi hidup sehat dan seimbang dengan cara mengatur porsi makan dengan menu-menu sehat seperti sayur dan buah-buahan, mengetati lagi waktu istirahat, olahraga teratur dan menjalankan manajemen stress dengan memberikan waktu ‘me time’, melepas beban dan masalah dengan bercerita juga mengelola kembali beban kerja secara lebih realistis lagi.

Perusahaan anda membutuhkan program yang bisa membantu mengatasi burnout karyawan? Kontak kami,

0315036409/087705504655

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *