PEMBINAAN PEMUDA BERWAWASAN LINGKUNGAN : MENUMBUHKAN BIBIT KADER PEDULI LINGKUNGAN


Kota Surabaya adalah kota yang cukup menggalakkan banyak program – program lingkungan karena semakin menyadari nilai penting menjaga kelestarian lingkungan bagi keberlanjutan kehidupan manusia di bumi. Kali ini, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya memiliki ide baru untuk melibatkan para pemuda dalam mendukung program – program lingkungan yang sudah digagas oleh pemerintah Kota Surabaya. Dispora mengadakan kegiatan Pembinaan Pemuda Berwawasan Lingkungan dengan harapan para pemuda ini nantinya akan bisa terjun di masyarakat dan menjadi penggerak peduli terhadap lingkungan.

 

 

 

 

 

Acara pembinaan ini dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 5-7 November 2019 di Aula Gelora 10 November. Diikuti oleh 50 peserta dari tingkat SMA dan mahasiswa di Surabaya. Rangkaian acara selama 3 hari dibuat tidak hanya pemberian materi saja tapi juga ada praktek dan di akhir acara peserta juga diwajibkan magang pada beberapa komunitas peduli lingkungan di Surabaya yang diajak kolaborasi untuk pembinaan ini.

Yang menyampaikan materi ada dari pihak Dispora yaitu Bu Anis yang menyampaikan materi berjudul “Pemuda Cinta Lingkungan Itu Keren!”, Master Trainer dari Cartenz HRD Pak Doddy Faisal Humaini yang membawakan materi Pemuda Berwawasan Lingkungan dan Penerapan Perilaku 3R, serta ada materi yang dibawakan oleh Komunitas Peduli Sungai Surabaya (PSS) yang berjudul Bijak Nyampah di hari kedua. Semua materi dibawakan dengan penuh semangat dan seaplikatif mungkin.

Karena tujuan dari adanya acara ini adalah membangun kesadaran dan karakter awal tentang cinta lingkungan, maka tidak hanya penyampaian materi saja yang dilakukan tapi juga ada game based learning, simulasi dan praktek yang berkaitan dengan sampah, aksi nyata dengan kerja bakti di Taman Mundu, sosialisasi tentang peduli lingkungan ke masyarakat juga pembuatan film pendek bertema penerapan perilaku 3R.

 

 

Kegiatan memang dikonsep dengan metode edutainment (mendidik sekaligus menghibur) sehingga peserta yang masih siswa SMA dan mahasiswa tidak merasa bosan. Peserta diajak banyak merefleksikan lewat pengalaman belajar langsung, mereka juga diajak membuat kampanye tentang tema sampah, bahaya plastik, global warming, dan pencemaran sungai. Di akhir rangkaian acara, ada presentasi dari komunitas Peduli Sungai Surabaya, Komunitas Muda-Mudi Surabaya, dan Marine Buddies. Peserta diwajibkan mendaftarkan diri pada 1-2 komunitas untuk magang disana. Ketiga komunitas ini adalah komunitas yang cukup terkenal di Surabaya dalam bidang lingkungan. Diharapkan dengan peserta magang pada komunitas itu, leadership mereka akan terasah dan mereka bisa terlatih menjadi pionir dalam soal peduli lingkungan.