TIPS MEMBANGUN TEAMWORK YANG EFEKTIF DI TEMPAT KERJA


Bagaimana sih caranya membangun teamwork yang efektif? Berikut tips – tips dari kami yang bisa anda lakukan !?

1. Membangun rasa saling percaya

Agar terbentuk teamwork yang efektif, bentuklah komunikasi timbal baik antara atasan dan bawahan maupun  sesama rekan kerja. Biarkan seseorang untuk mengutarakan opininya dalam tim. Jangan langsung memotong  pembicaraannya. Dengarkan sampai selesai baru kemudian beropini dan menanggapi ide orang tersebut.

2. Memiliki tujuan yang jelas

Dalam sebuah tim kerja, orang-orang di dalamnya bekerja dan bersinergi bersama untuk suatu tujuan. Oleh karena itu, buatlah tujuan yang jelas sejak awal tim terbentuk. Jika perlu buat pula arahan untuk tim. Saat tim memiliki tujuan yang jelas, maka semua orang tahu kemana dia harus bergerak agar tujuan tercapai.

3. Buatlah suatu budaya menghargai

Menciptakan sebuah budaya untuk saling menghargai di dalam teamwork sangat diperlukan. Jika perlu, atasan dapat membuat sebuah kompetisi sehat berupa penghargaan bagi anggota tim yang mampu memberikan kinerja terbaik. Penghargaan bisa berupa insentif maupun hal kecil lainnya. Hal ini juga mampu untuk membangun komunikasi dengan atasan dan bawahan yang efektif.

4. Meng-agendakan kegiatan bersama

Untuk dapat meningkatkan komunikasi yang baik antara anggota tim, cobalah untuk mengagendakan acara bersama di luar jam kantor. Acara sederhana seperti makan bersama dapat membuat tim saling mengenal secara personal. Hal ini akan berdampak terhadap meningkatnya performa tim karena antara anggota lebih dapat bersinergi.