8 TANDA KAMU SIAP MENJADI MANAJER


Mendapatkan promosi jabatan menjadi seorang manajer merupakan impian banyak karyawan, terutama bila telah lama mengabdi di sebuah perusahaan. Namun, tidak semua orang layak mendapatkan kesempatan tersebut. 

Ada beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa seorang karyawan sudah siap untuk memegang posisi tersebut. Berikut beberapa tanda kamu siap menjadi manajer

Kamu secara konsisten meraih hasil positif dalam pekerjaan

Jika selama ini kamu bisa memberikan hasil maksimal dalam setiap pekerjaan, ini menjadi pertanda baik pertama bahwa kamu siap mengemban pekerjaan dan tantangan yang lebih besar seperti posisi manajer.

Sebaliknya, bila kamu masih kesulitan menyelesaikan pekerjaan harian dengan baik, maka kecil kemungkinan kamu bisa memegang tanggung jawab yang lebih besar seperti mengelola pekerjaan orang lain.

Kamu berhasil memimpin tim di berbagai proyek 

Bila kamu berhasil membuktikan kemampuanmu dalam memimpin tim dengan setidaknya tiga atau lebih anggota dalam beberapa proyek yang sukses, maka perusahaan akan melihat bahwa kamu siap untuk mengemban tanggung jawab manajerial.

Mereka juga akan semakin bahwa kamu siap menjadi manajer bila kamu juga membuktikan kesuksesan dalam memimpin tim lintas fungsi dan budaya di perusahaan tersebut.

Menjadi pemimpin di sini bukan berarti hanya dalam kesempatan tertentu di mana kamu diwajibkan untuk memegang peran pemimpin, tapi juga ketika kamu mau secara sukarela mengajukan diri untuk memimpin tim atau proyek tersebut.

Kamu dikenal sebagai seorang pemecah masalah

Jika selama ini atasan atau rekan kerja sering meminta bantuanmu untuk mencari solusi atas masalah pekerjaan, maka ini juga bisa menjadi pertanda lainnya bahwa kamu siap memegang peranan sebagai manajer.

Hal ini karena seorang manajer harus bertindak sebagai sumber pemecahan masalah khususnya bagi karyawan yang bekerja di bawahnya.

Kamu mampu menangani konflik dengan baik

Salah satu kriteria manajer yang baik adalah mampu menangani konflik secara proaktif. Untuk bisa melakukan ini diperlukan kemampuan untuk tetap berkepala dingin dan mampu menganalisis situasi dari berbagai sudut.

Jika kamu sudah memiliki kemampuan ini, maka ini menjadi tanda kesiapanmu menjadi seorang manajer.

Kamu peduli akan keberhasilan orang lain

Bila kamu selama ini merasa keberhasilan tim dan rekan kerja tak kalah pentingnya dengan keberhasilan diri sendiri, ini menjadi tanda kamu siap menjadi seorang manajer.

Seorang pemimpin akan menaruh perhatian tak hanya pada pencapaian diri tapi juga pertumbuhan dan pengembangan kerja satu timmu.

Kamu memiliki semangat untuk bekerja sama

Tanda lainnya bahwa kamu siap menjadi manajer adalah ketika kamu selalu bersemangat untuk bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Hal ini dikarenakan saat menjalani peran manajerial, kamu akan dihadapkan pada keharusan untuk berkolaborasi dengan banyak pihak dalam berbagai kesempatan. Kamu akan menghadiri banyak rapat, baik dalam grup maupun individu dalam perusahaan.

Kamu dinilai sebagai mentor yang baik oleh rekan

Bila kamu dinilai memiliki kemampuan komunikasi verbal maupun tulisan yang baik, kesabaran, empati, pendengar yang baik, dapat dipercaya, menghargai orang lain, kolaboratif, dan mampu memotivasi orang lain layaknya mentor, maka kamu siap menjadi seorang manajer.

Seorang manajer yang baik harus memiliki karakteristik tersebut karena akan menunjang perannya sebagai mentor dan pembimbing yang baik bagi anggota timmu.

Kamu memiliki ambisi untuk menjadi manajer

Salah satu tanda lainnya bahwa kamu siap menjadi manajer adalah bila kamu memang memiliki dan menunjukkan ambisi untuk memegang peranan itu. Oleh karena itu perlihatkanlah ambisi tersebut dengan menunjukkan kinerja yang baik di kantor dan mulai terbuka terhadap atasanmu sendiri terhadap keinginanmu itu.

Dengan menyampaikan tujuan yang ingin kamu raih tersebut, atasanmu mungkin akan melihat keseriusanmu dan dapat membantumu mencapai target baru dalam kariermu tersebut.

Itu tadi beberapa tanda kamu siap menjadi manajer. Jadi, mulailah tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah memiliki tanda-tanda tersebut.

Bila iya, selamat! Mungkin ini saatnya kamu harus perjuangkan kariermu ke tingkat selanjutnya!