7 Soft Skill Untuk Menunjang Karir Anda

Pada era saat ini perusahaan merekrut karyawan tidak hanya fokus mempertimbangkan hard skill tetapi juga soft skill. Bila hard skill merujuk kepada kemampuan teknis untuk melakukan tugas tertentu, maka soft skill adalah atribut diri serta kemampuan berkomunikasi yang merupakan sifat bawaan dan tidak dipelajari secara formal. Soft skill ini merupakan aspek penting dalam kesuksesan karir anda. Sebab, setiap pekerjaan membutuhkan keterlibatan antar karyawan. Oleh karena itu, kemampuan kita dalam berinteraksi dengan orang lain menjadi aspek penting dalam sebuah pekerjaan. Berikut 7 Contoh soft skill untuk menunjang karir anda, Simak penjelasannya lebih lanjut.

1. Skill komunikasi
Komunikasi merupakan salah satu contoh soft skill yang harus anda miliki. Sebab dalam dunia kerja tentu anda tidak sendirian dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda perlu menjalin dan menjaga komunikasi dengan rekan kerja, klien hingga partner bisnis anda. Kemampuan komunikasi juga diperlukan saat anda presentasi dihadapan atasan atau klien. Tanpa skill komunikasi yang baik, tentu pesan yang anda utarakan tidak akan tersampaikan dengan baik kepada mereka. Tidak hanya harus pandai berbicara saja, anda juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Dengan memahami pesan yang disampaikan lawan bicaramu, anda bisa memberikan respon yang tepat. Jadi, usahakan anda memiliki keduanya ya.

2. Berpikir kritis
Contoh soft skill selain komunikasi yang harus anda miliki adalah berpikir kritis. Sebab sekarang ini banyak HRD mencari karyawan yang mampu membuat laporan dengan cara menganalisa. Mengolah berbagai macam data dan memberikan informasi yang bermanfaat guna kemajuan perusahaan.
Seperti beberapa pekerjaan sebagai marketing analis, analis keuangan, auditor, pengembangan produk, dan sebagainya. Anda juga harus tahu bila berpikir kritis ini juga tidak dapat berdiri sendiri. Tanpa adanya daya nalar yang tajam dan rasa penasaran yang cukup besar, Bagaimana, Apakah anda sudah memiliki soft skill tersebut?.

3. Teamwork
Sama pentingnya dengan soft skill sebelumnya, keterampilan untuk dapat bekerja dengan tim adalah contoh soft skill yang juga perlu anda asah terus menerus. Dengan kemampuan teamwork yang baik, anda menunjukan kepada tim bahwa anda dapat bekerja dengan orang lain di ruang lingkup profesional. Kemampuan profesional ini juga membutuhkan kepercayaan antar anggota tim satu sama lain. Bagaimana bisa bekerjasama dengan baik jika tidak saling percaya?

4. Kepemimpinan
Supaya memiliki soft skill kepemimpinan ini, anda tidak harus menjadi seorang manajer atau direktur dulu lho. Mulai dari menjadi karyawan pun anda juga bisa mengidentifikasi apakah anda memiliki bakat kepemimpinan atau tidak. Nah, biasanya orang yang memiliki bakat kepemimpian yang alami mampu memberikan inspirasi dan memengaruhi orang lain dengan menggerakkan seseorang atau tim menuju kesuksesan bersama.
Bersamaan dengan sikap itu pula, persis seperti kemampuan teamwork, tentunya anda juga harus memiliki sikap percaya diri yang cukup besar. Sebab tanpa mempercayai diri sendiri, bagaimana nanti anda dapat mempercayai timmu?

5. Integritas
Karyawan yang berintegritas akan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Integritas sendiri adalah sekumpulan nilai yang membuat anda bisa dipercaya, jujur, bisa diandalkan, sehingga bisa melakukan hal yang benar dalam berbagai situasi.
Alasan pentingnya integritas di tempat kerja adalah bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif. Sehingga membuat karyawan ingin berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan. Selain itu, sikap ini juga bisa memotivasi karyawan, menumbuhkan empati dan simpati dalam kehidupan pekerjaan.

6. Kreatif
Keterampilan kreatif menjadi salah satu skill yang banyak dicari oleh perusahaan pada 2022. Pasalnya sekarang ini banyak robot yang perlahan menggeser profesi manusia. Pandemi juga menjadi salah satu alasan perubahan hal itu. Oleh karena itu, anda memerlukan soft skill kreativitas ini. Dengan memiliki kreativitas anda dapat membuat dan menerapkan ide-ide baru yang membuat perusahaan anda bekerja dapat lebih berkembang.

7. Mampu beradaptasi dengan baik dan fleksibel
Fleksibel adalah salah satu contoh soft skill yang banyak di cari juga selain kreatif. Hal ini karena sifat tersebut menunjukkan kemampuan dan kemauan untuk menerima tugas dan tantangan baru yang diberikan. Karyawan yang fleksibel bersedia membantu saat tim membutuhkan, dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan tentunya tetap bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan. HRD biasanya mencari kandidat yang menunjukkan kemauan, optimis dan melihat perubahan menjadi sebuah peluang atau tantangan.

Itulah 7 soft skill yang harus Anda persiapkan untuk beradaptasi di lingkungan kerja. Mulailah mengasah soft skill yang anda miliki karena hal tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan kariermu di kemudian hari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *