PURNA BAKTI PT PLN PERSERO , “Pelatihan Bisnis Sebagai Ladang Pendapatan di Masa Pensiun ”

Masa Purna Bakti merupakan masa dimana seorang pegawai tidak lagi aktif bekerja dan berada diakhir pengabdiannya pada perusahaan. PT PLN Persero turut mengadakan kegiatan Pembekalan Purna Bakti, dimana didalamnya diisi dengan kegiatan pelatihan usaha UMKM yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. PT PLN Persero sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan BUMN yang memperhatikan kesejahteraan setiap pegawainya termasuk hingga masa akhir jabatan.

Bekerja sama dengan Cartenz HRD selaku perusahaan pengembangan SDM, PT PLN Persero mengadakan event purna bakti untuk ketiga kalinya. Setelah event pertama dengan  topik “Pelatihan Bisnis Bakery” kemudian “Budidaya Jambu Kristal” dan yang baru saja terlaksana adalah “Pelatihan Bisnis Frozen Food”.

Kegiatan purna bakti dilaksanakan selama 6 hari 5 malam dengan rincian kegiatan didalamnya ada training materi Basic mental Entrepreneurship , digital marketing, pelatihan pembuatan bisnis yang sesuai dengan topik, praktik produksi, dan kunjungan industri. Kami mendatangkan beberapa pihak luar yang berkompeten dibidangnya seperti Chef Wahid, Chef Ari dari Jogja Culinary School dan Rachmad Hardiyanto, Petani millennial pemilik BumiAji Wisata Jambu Kristal.

 

 

Tujuan dari dilaksanakannya purna bakti adalah mendukung para pensiunan untuk memanfaatkan dana pensiun menjadi lebih baik melalui usaha berkelanjutan dan menghindarkan dari “stress” akibat perubahan jam kerja. Jika semula pegawai aktif bekerja 8 jam di kantor dan bertemu dengan banyak orang serta pekerjaan yang mampu membuat diri menjadi sibuk. Ketika memasuki masa purna bakti, para pegawai yang sudah pensiun akan lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah tanpa melakukan aktivitas yang berartio. Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi ladang hiburan sekaligus pendapatan dari para pensiunan.

Cartenz HRD mendukung baik adanya event purna bakti yang diselenggarakan oleh PT PLN Persero sebagai bentuk penghormatan terkahir kepada para pegawai yang sudah bekerja sampai masa akhir jabatannya. Dengan berjalannya kegiatan tersebut diharapkan seluruh pihak yang tergabung dalam pelatihan dapat menerapkan ilmu berbisnis ke dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi pensiunan PT PLN Persero.

 

Penulis : Nimas Aisyah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *