SOFT COMPETENCY & CORPORATE VALUES

 

 

DIANTARA HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN ADALAH

KOMPETENSI SDM

 

Adapun kompetensi seseorang meliputi 3 komponen pembentuknya yaitu pengetahun (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude).

 


 RUMUS KOMPETENSI

KOMPETENSI =

Knowledge X Skill X Attitude


 

Knowledge berkaitan dengan teori-teori atau wawasan tentang suatu pekerjaan. Skill berkaitan dengan praktik atau kemampuan melakukan suatu pekerjaan tertentu. Attitude berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku selama bekerja.

 

 Adapun keterampilan (skill) dibagi menjadi dua. Ada keterampilan yang bersifat teknis yang disebut HARD SKILL. Biasanya berhubungan dengan peralatan dan mesin. Ada juga keterampilan yang bersifat non teknis yang disebut SOFT SKILL. Keterampilan ini berkaitan dengan bagaimana mengelola diri dan berhubungan dengan orang lain.

 

Lantas permasalahan kompetensi karyawan apa yang paling sering dijumpai di tempat kerja? Ternyata bukan masalah kurangnya knowledge dan hard skill. Justru yang kerap menjadi masalah adalah kurangnya soft skill dan attitude karyawan dalam bekerja.

 

Contohnya seperti permasalahan motivasi, kerjasama, kepemimpinan, komunikasi, kedisiplinan, empati, tanggung jawab, dll.

 

Sementara kita tahu dari banyak penelitian yang menunjukkan bahwa Soft Skill dan Attitude memiliki kontribusi besar bahkan hingga 80% mengantarkan seseorang lebih sukses dalam hidupnya dan lebih produktif dalam bekerjanya.

 

Kemudian jika Sikap (Attitude) itu dilakukan berulang-ulang sehingga terpola, terbiasa, dan masuk dalam pikiran bawah sadar seseorang maka terbangunlah yang namanya Karakter (Character) dan jika karakter diterapkan secara bersama-sama oleh seluruh karyawan perusahaan maka terbangunlah yang namanya Budaya / Nilai-nilai Perusahaan (Corporate Values).

 

Karena alasan penting diatas dan tingginya kebutuhan pengembangan SDM perusahaan maka CARTENZ HRD hadir dan memiliki fokus pada pengembangan SOFT COMPETENCY dan CORPORATE VALUES dalam meningkatkan produktivitas individu dan perusahaan.

 

CARTENZ HRD memberikan layanan konsultasi dan pelatihan SDM yang fokus pada 2 topik yakni:

 

SOFT COMPETENCY

Bentuk keterampilan yang dimiliki oleh seseorang berkaitan dengan bagaimana mengelola dirinya sendiri (intrapersonal) dan bagaimana berhubungan dengan orang lain (interpersonal) seperti kepemimpinan, motivasi, komunikasi, kerjasama tim, dsb.

 

CORPORATE VALUES

Upaya membangun sikap, perilaku, akhlak atau sifat-sifat kejiwaan yang positif pada diri seseorang agar mampu bekerja dengan lebih produktif dan mulia.

 

Untuk itu pastikan perusahaan memiliki karyawan yang KOMPETEN yang tidak hanya terkait knowledge dan hard skill-nya saja, tetapi jauh lebih besar daripada itu, perusahaan harus memiliki karyawan dengan SOFT COMPETENCY yang tinggi plus budaya perusahaan / CORPORATE VALUES yang baik.

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *